Obrolan Vigo: Landon Donovan, Michael Jordan-nya Sepakbola Amerika Serikat

Obrolan Vigo: Landon Donovan, Michael Jordan-nya Sepakbola Amerika Serikat

Muhammad Ilham - July 13, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Saat ini, Amerika Serikat memiliki banyak sekali pemain sepakbola bertalenta yang terpakai di Eropa. Namun, tidak ada satupun yang bisa menyamakan Landon Donovan. Bahkan, sang pemain pantas untuk disandingkan dengan pebasket terbaik di dunia dan Amerika, Michael Jordan.

Basket adalah olahhraga yang sangat terkenal di Amerika Serikat. Bahkan, basket mereka adalah yang terkenal dan mungkin yang terbaik di dunia untuk saat ini.

Namun, jika membicarakan sepakbola, Amerika Serikat justru tertinggal jauh dari negara-negara di benua Amerika lainnya. Terutama untuk negara-negara di benua Amerika Selatan seperti Argentina, Brasil, dan Uruguay.

Tetapi, kita tidak bisa menutup mata jika Amerika Serikat juga senang akan sepakbola. Negara yang menyebut olahraga tersebut soccer, bukan football, tersebut kerap tampil di turnamen terbesar antarnegara, yakni Piala Dunia.

Prestasi terbaik mereka di Piala Dunia terjadi pada 1930, di mana Amerika melangkah hingga semifinal. Setelah itu, mereka kesulitan untuk melangkah jauh, bahkan tidak masuk Piala Dunia di era 1954 – 1986.

Keinginan Negeri Paman Sam untuk terbang tinggi di kancah sepakbola muncul pada Piala Dunia U-17 1999. Seorang pemain yang berposisi striker membuat Amerika Serikat diperhitungkan di laga itu, dan dia adalah Landon Donovan.

Piala Dunia U-17 1999 menjadi penampilan perdana Donovan di kancah internasional bersama Timnas Amerika Serikat. Performanya membuat Amerika berakhir di peringkat keempat dan dirinya dianugrahi FIFA Golden Ball.

Akibat performa apiknya di tim muda, pelatih Amerika saat itu, Bruce Arena, memanggilnya ke skuad senior. Di Piala Dunia 2002, ia berhasil membawa The Yanks melangkah hingga perempat final dengan mencetak dua gol, satu di babak grup kontra Timnas Polandia dan satu di babak 16 besar lawan Timnas Meksiko.

Meskipun gagal melangkah jauh, itu menjadi prestasi tersendiri bagi Amerika Serikat dan juga Landon Donovan. Alhasil, FIFA menobatkannya sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2002.

Sayangnya, kesuksesan di Piala Dunia 2002 tidak bisa terulang di Piala Dunia 2006, di mana Amerika Serikat tersingkir di babak grup. Tetapi, Donovan mampu membalasnya di Piala Dunia 2006, di mana ia berhasil meloloskan Timnas Amerika Serikat ke babak 16 besar berkat golnya di menit ke-90+1 ke gawang Timnas Aljazair di laga terakhri fase grup.

Donovan sejatinya bisa mengulang kesuksesan di Piala Dunia 2002. Sayangnya, satu golnya ke gawang Timnas Ghana di babak 16 besar tidak cukup untuk membantu The Yanks melangkah jauh usai Asamoah Gyan mencetak gol kedua di menit ke-93. Itu menjadi perhelatan Piala Dunia terakhirnya lantaran Jurgen Klinsmann tidak memanggilnya di Piala Dunia 2014.