LAUNCHING LIGA FAN ID
Acara launching Liga Fan ID. (VIVAGOAL/Taufik Hidayat)

Antisipasi Oknum Suporter Nakal, PT LIB Luncurkan Liga Fan ID

Taufik Hidayat - December 6, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaPT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai merespons sejumlah kasus kericuhan suporter belakangan ini. Operator Liga 1 dan Liga 2 itu meluncurkan sebuah aplikasi bernama Liga Fan ID.

Kericuhan suporter memang masih mewarnai gelaran Liga 1 dan Liga 2 musim 2023/24. Tragedi Kanjuruhan seolah tidak membuat sebagian orang kapok.

Padahal regulasi larangan hadirnya suporter tim tamu telah diterapkan. Namun hal itu seperti tak efektif karena kericuhan nyaris terjadi tiap pekannya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PT Liga Indonesia Baru (@pt_lib)

Hukuman denda yang dikeluarkan Komite Disiplin (Komdis) PSSI juga tak membuat oknum suporter nakal jera. Itu karena pihak klub yang harus menanggungnya.

PT LIB tak tinggal diam melihat fenomena ini. Aplikasi Liga Fan ID menjadi terobosan baru untuk menyelesaikan masalah ini.

Liga Fan ID merupakan aplikasi khusus untuk pembelian tiket pertandingan. Nantinya data-data suporter tiap klub akan tersimpan dengan rapi.


Baca Juga:


Hal ini memudahkan PT LIB untuk mendata oknum suporter yang berulah. Hukuman pun bisa diberikan kepada pihak yang memang bersalah.

“Kami ingin mengantisipasi insiden-insiden yang sering terjadi, jadi kami bisa track oknum-oknum yang nakal, suka bikin ulah,” kata Kepala Humas PT LIB, Sabina Katya.

“Kami ingin meminimalisirnya dengan membuat ticketing yang terintegrasi. Fan ID juga melancarkan penjualan tiket, ini bisa diverifikasi oleh klub dan komunitas (soal suporternya).”

SABINA KATYA
Humas PT LIB, Sabina Katya (VIVAGOAL/Taufik Hidayat)

Meski begitu, PT LIB butuh bantuan untuk memaksimalkan aplikasi ini. Pihak klub dan kelompok suporter harus membantu proses verifikasi data-data anggotanya.

“Sistemnya harus diverifikasi dari komunitas dan klub, jadi memang meminta data dari klub itu sendiri,” tambahnya.

“Kami tidak bisa bergerak sendiri, tetapi dibutuhkan dukungan dari klub untuk aktivasi data-data.”

Aplikasi Liga Fan ID ini sendiri masih dikhususkan untuk klub-klub Liga 2. Sementara kontestan Liga 1 telah lebih dulu memiliki aplikasi serupa yang diberi nama LIB Superapp.

Selalu update berita bola terkini seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com