5 Fakta Pelatih Dengan Juara Liga Champions Terbanyak

0
2131
Fakta Pelatih

VivagoalFakta Pelatih – Kompetisi Liga Champions musim 2018-2019 saat ini masih berada pada Grup Stage. Vivagoal akan membahas bagaimana andil seorang pelatih dalam pagelaran bergengsi ini.

Liga Champions menjadi kompetisi sepakbola paling bergengsi yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA. Dianggap paling bergengsi karena peserta Liga Champions berisi berbagai klub papan atas di benua Eropa.

Sejarahnya, Liga Champions mulai digulirkan pada tahun 1955 dan masih bernama European Champion Clubs Cup atau disingkat dengan sebutan European Cup, dan masih menggunakan sistem gugur dua leg. Dengan demikian, setiap tim akan memainkan dua pertandingan, tandang dan kandang. Tim yang berhasil memenangkan pertandingan dengan skor rata-rata tertinggi dipastikan lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga :  5 Fakta Pemain Legendaris Yang Bisa Mematahkan Dominasi Ronaldo dan Messi

European Cup kemudian berubah nama menjadi Champions League (Liga Champions) saat memasuki musim 1992-1993. Format kejuaraan juga diubah, yaitu terdiri dari tiga babak kualifikasi, fase grup, dan empat babak final dengan sistem gugur.

Sepanjang sejarahnya, Real Madrid menjadi tim yang paling sering mengoleksi gelar Liga Champions dengan 13 trofi. I Rossoneri, AC Milan berada di posisi kedua dengan tujuh gelar. Adapun, Liverpool, Bayern Munchen, dan Barcelona masing-masing telah meraih lima gelar.

Untuk pelatih, Zinedine Zidane menjadi pelatih tersukses dalam hal meraih trofi Champions. Zizou membawa Real Madrid memenangkan 3 kali gelar Liga Champions secara beruntun. Namun, Zidane tidak sendiri mendulang sukses dalam perebutan gelar trofi si Kuping besar. Sebelum Zidane, ada Carlo Ancelotti sebagai pelatih dengan peraih gelar Liga Champions terbanyak dan juga beberapa pelatih lainnya.

Dan berikut ini 5 fakta pelatih sepakbola paling sukses di kompetisi Liga Champions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here