×
5-fakta-formasi-4-4-2-sepakbola
07/02/2018
|
2380 view
5 Fakta Formasi 4-4-2 Sepakbola

Vivagoal - 5 Fakta - Bicara soal formasi, formasi 4-4-2 termasuk formasi klasik yang sering di gunakan. Meski banyak variasi formasi bermunculan, formasi 4-4-2 tetap di gunakan oleh banyak tim hingga kini.

Formasi 4-4-2 menjadi sebuah kombinasi angka sakral yang paling sering disebut. Bahkan, orang-orang yang tidak mengerti sepakbola juga mengerti kombinasi angka keramat ini.

Bukan tanpa alasan kalau formasi 4-4-2 sangat populer hingga kini. Formasi klasik ini dianggap efektif dan menciptakan keseimbangan dalam semua lini.

Bahkan, formasi ini juga terus digunakan oleh banyak tim di dunia. Selain itu, beberapa pelatih juga memodifikasi formasi ini dengan beragam bentuk tanpa merusak inti penting formasi tersebut, 4 bek, 4 pemain tengah dan 2 striker.

Untuk itu, Vivagoal akan mengangkat fakta-fakta unik seputar formasi 4-4-2. Fakta-fakta ini akan membahas hal apa saja yang berkaitan dengan formasi ini.

  • Dipopulerkan oleh Arrigo Sacchi dan Fabio Capello

Arrigo Sacchi dan Fabio Capello menjadi 2 sosok pelatih yang erat kaitannya dengan formasi 4-4-2. Berkat formasi tersebut, kedua pelatih ini sukses meraih banyak gelar saat melatih Milan.

Dimulai dari era Arrigo Sacchi, formasi 4-4-2 kerap digunakan saat ia melatih Milan. Hal itu membuahkan beragam gelar yang diraihnya bersama Milan lewat gelar domestik dan juga Eropa.

Di era selanjutnya, formasi ini tetap di gunakan oleh Fabio Capello kala menggantikan Sacchi. Hasilnya, Milan tetap banjir gelar ketika ia melatihnya. Namun, ia juga mengembangkan lini serang Milan menjadi lebih tajam.

  • Keunggulan formasi 4-4-2

Dilansir dari berbagai sumber, formasi ini dikenal akan keseimbangan antar lini. Para pemain bisa lebih fokus dalam menjalankan tugasnya masing-masing dengan lebih baik.

Jika di rinci, formasi 4-4-2 menggunakan 4 pemain belakang (2 bek sayap-2 bek tengah), 4 pemain tengah (2 pemain sayap-2 pemain tengah) dan 2 striker.

Di lini depan, 2 striker sudah cukup untuk saling bekerjasama dalam menjebol gawang lawan dimana, mereka berdua bisa bahu-membahu dalam menyerang gawang lawan.

Para pemain di lini tengah tidak perlu kerepotan dalam membantu serangan. Sebaliknya, mereka bisa turut membantu dalam menciptakan variasi serangan yang bisa merepotkan lawan.

Selain itu, 4 pemain belakang bisa lebih fokus dalam membagi tugas untuk mengawal setiap sisi yang bisa digunakan sebagai celah untuk lawan melancarkan serangan.

  • Kelemahan formasi 4-4-2

Tiada gading yang tak retak, begitupun formasi 4-4-2. Soal kelemahan, ada beberapa kelemahan yang perlu disimak seperti, formasi ini terlalu gampang dipecahkan karena sudah terlalu sering di gunakan.

Karena termasuk formasi "kuno", pelatih lawan memiliki caranya sendiri untuk menghancurkan formasi ini. Salah satunya adalah dengan kombinasi 3 pemain tengah yang dapat mengacaukan ball possession.

Selain itu, kedisiplinan juga kerap kali menjadi masalah yang sering dihadapi oleh tim yang menggunakan formasi 4-4-2. Untuk mengatasi hal ini, tim dengan formasi 4-4-2 biasanya menerapkan permainan yang lebih defensif.

  • Variasi formasi 4-4-2

Seiring berkembangnya zaman, ada beberapa pelatih yang sudah memodifikasi formasi tersebut. Salah satunya, Diego Simeone yang membuat formasi 4-4-2 lebih bertahan.

Formasi 4-4-2 yang lebih defensif telah diterapkan Simeone dalam 3 tahun terakhir di Liga Champion. Hasilnya, Simeone sukses membawa Atletico berada di final UCL sebanyak 2 kali.

  • Ciri khas formasi 4-4-2

Keseimbangan menjadi inti penting dari formasi ini maka, sebuah tim membutuhkan 11 pemain yang kredibel untuk menghuni setiap posisi yang ada dalam formasi ini.

Bisa di bilang, formasi ini kerap di gunakan di golden age (tahun 1990an) dimana, ada banyak pemain hebat di masanya dalam setiap lini yang ada.

Seiring perkembangan zaman, banyak pelatih yang lebih suka untuk menggunakan formasi yang berbeda karena, formasi ini membutuhkan 11 pemain yang benar-benar mumpuni sedangkan, setiap tim memiliki situasi yang berbeda.

Ikuti terus 5 fakta bola terkini seputar pemain sepakbola hanya di Vivagoal.com


Berita Terkait


blog_1
blog_1

5 Fakta Tendangan Salto

15/02, 2018
|
868 view
blog_1
blog_1