×
5-fakta-mengapa-barca-bisa-kalah-dari-as-roma
11/04/2018
|
4069 view
5 Fakta Mengapa Barca Bisa Kalah Dari AS Roma

Vivagoal - 5 Fakta - Secara dramatis, AS Roma sukses melakukan comeback dengan mengalahkan Barcelona di leg kedua dengan skor 3-0 dan lolos ke babak semifinal. 

Tidak ada yang menyangka jika Roma mampu lolos ke babak semifinal UCL musim ini. Kalah di leg pertama, perjalanan Roma diprediksi hanya akan bertahan hingga babak 8 besar.

Akan tetapi, anggapan ini mampu dipatahkan oleh Dzeko dkk. Di leg kedua, mereka menghajar Barca tanpa ampun dengan melesakkan 3 gol tanpa balas.

Otomatis, Roma berhak lolos ke babak semifinal berkat kemenangan ini. Kemenangan Roma bak sebuah kisah dongeng yang berakhir bahagia.

Apa yang menyebabkan Roma mampu meraih kemenangan di laga ini? Berikut alasan serta fakta yang tersaji dalam 5 fakta alasan mengapa Barca bisa kalah dari AS Roma.


Pressing ketat yang disiplin dari AS Roma

Para penggawa AS Roma menerapkan pressing ketat yang disiplin kepada Barcelona. Strategi tersebut berjalan efektif dan membuat Messi dkk tidak dapat mendominasi jalannya pertandingan.

Berkat hal itu, Dzeko dkk mampu bergerak dengan leluasa dan menjebol gawang Barca sebanyak 3 kali. Walhasil, hasil ini sudah cukup untuk mengantarkan Roma lolos ke babak selanjutnya.

Barcelona kelelahan

Sejak leg pertama kemarin (5/4/2018), Barca harus menjalani 3 laga dalam 1 minggu (2 leg 8 besar UCL dan laga kontra Leganes). Hal ini disinyalir membuat Barca kelelahan.

Para penggawa Barca tampak bermain dengan buruk di laga tersebut. Mereka tampak kelelahan dalam menjalani jadwal yang padat. Messi dkk tidak berkutik saat bertandang ke kandang Roma.

Iniesta dan Rakitic selaku otak serangan Barca tampak mati kutu. Selain itu, Suarez dan Messi juga tidak dapat bermain dengan maksimal dan harus pasrah kala menelan kekalahan di laga ini.


Lini pertahanan Barca yang buruk

Kerjasama bek Barca yang buruk harus dibayar mahal dengan gol Edin Dzeko dan Manolas. Kedua gol itu disebabkan oleh kesalahan lini pertahanan Barca yang membiarkan mereka bergerak bebas.

Di gol pertama, Pique dkk melakukan kesalahan dengan membiarkan Dzeko bergerak dengan bebas sehingga, ia mampu membawa Roma unggul lebih dulu.

Terakhir, gol Manolas juga menandakan man-marking yang jelek. Manolas dibiarkan bebas dan melakukan tandukan yang berujung kepada gol ketiga Roma di laga ini.

Statistik : Barca unggul ball possession tapi Roma unggul shot on goal

Bicara soal statistik, Barca memang menguasai ball possession tapi, Roma unggul shot on goal dengan mencetak 17 tembakan dan 6 tembakan mengarah ke gawang.

Hal ini menimbulkan pertanyaan terkait hasil pekerjaan departemen pencetak gol Barca, Messi dan Suarez. Barca hanya mampu mencatatkan 9 tembakan dan diantaranya 3 tembakan mengarah ke gawang.

Serangan Roma yang efektif serta pertahanan Barcelona yang buruk membuat Roma mampu membalas Barca dengan 3 gol di laga itu.

Ada apa dengan Lionel Messi?

Tidak biasanya Messi tampil buruk. Di laga kontra Roma, ia hanya mencetak 2 shot on target dan 26 passing. Selain itu, Messi jarang melakukan dribbling berbahaya seperti yang biasanya ia lakukan.

Di laga kontra Leganes kemarin, Messi mampu tampil fantastis dengan mencetak hat-trick. Sayangnya, hal yang sama tidak dapat diulangi Messi di laga kontra Roma.

Ikuti terus informasi terkini seputar fakta klub hanya di Vivagoal.com


Berita Terkait