×
5-fakta-mental-juara-
08/03/2018
|
2404 view
5 Fakta Mental Juara

Vivagoal - 5 Fakta - Terkadang, mental juara sering disebut-sebut sebagai faktor penting yang membuat sebuah tim bisa melakukan sebuah hal di luar dugaan. 

Ungkapan bola itu bundar memang benar adanya. Segalanya bisa terjadi di dalam lapangan. Tim yang awalnya tertinggal, tiba-tiba bisa membalikkan keadaan dan meraih kemenangan.

Tidak ada yang pasti di dalam sepakbola karena, tawa dan tangis bisa berganti hanya dalam hitungan detik. Selama wasit belum meniup peluit tanda pertandingan berakhir, setiap pemain akan berjuang untuk meraih hasil positif.

Tim dengan mental juara akan berjuang hingga titik darah penghabisan. Mereka seakan tak memikirkan hal apapun walau sedang tertinggal jauh. Mental juara dianggap sebagai faktor X yang turut menentukan hasil pertandingan.

Untuk edisi 5 fakta hari ini (8/3/2018), Vivagoal akan membahas mengenai seberapa penting mental juara turut menentukan tim sepakbola.

Apa itu mental juara?

Menurut legenda Man.United, Gary Neville mengatakan bahwa mental juara atau winning mentality adalah sebuah hal yang tidak bisa didapatkan secara instan. 

Hal ini bukanlah sebuah hal yang lahiriah karena, setiap pemain bisa memilikinya karena, hal ini bisa didapatkan melalui proses panjang.

Untuk itu, Neville berpendapat kalau setiap pemain perlu berada di dalam sebuah tim dengan pemain yang memiliki akuntabilitas yang tinggi.

Sehingga, mereka memiliki keinginan untuk meraih kemenangan setiap hari. Selain itu, tim tersebut perlu menerapkan standar tinggi agar berpengaruh ke setiap pemain.


Bagaimana cara membentuk sebuah tim bermental juara?

Gary Neville mengatakan kalau ada beberapa faktor yang perlu dipenuhi untuk membuat sebuah tim bermental juara yakni, manajer berkredibilitas tinggi, sosok kapten yang berpengaruh, dan perekrutan pemain yang tepat.

Manajer - Seorang manajer yang baik akan memotivasi para pemain untuk bermain dengan semangat dan menanamkan hal penting bahwa kemenangan adalah hal penting yang harus diraih dalam setiap laga.

Kapten - Tim yang baik memiliki sebuah kapten yang berpengaruh besar karena, manajer tidak bisa mendampingi pemainnya setiap saat. Sang kapten akan menjadi kepanjangan tangan dari sang manajer dalam menyampaikan perintah termasuk memotivasi para pemain.

Pemain - Untuk membentuk sebuah tim yang baik, manajer klub perlu memilih pemain yang berkualitas dan bermental juara. Dengan mental yang positif, mereka mempengaruhi setiap pemain agar bisa bermain lebih baik dan pantang menyerah.

Belajar dari kekalahan

Seorang pemenang yang baik paham bahwa mereka tidak akan terus-terusan menang di lapangan. Terkadang, kekalahan menjadi guru terbaik yang dapat mengajarkan banyak hal.

Neville mengatakan kalau, kekalahan dapat mengajarkan banyak hal termasuk bangkit dari kekalahan dan mempelajari apa yang menjadi penyebab kekalahan sebuah tim di pertandingan itu.

Seorang pemain perlu memiliki pola pikir yang positif dengan mempercayai diri sendiri untuk move on dari kekalahan ujar Neville seperti dilansir dari FourFourTwo.


Latihan mental

Menurut pakar kinesiologis, Gaetan Boutin menyatakan kalau setiap pemain perlu melatih mental mereka sehingga, mereka sudah siap dengan mental yang kuat kala menjalani pertandingan.

Untuk melatih mental kita, hal ini memang harus melalui proses panjang tapi, proses visualisasi akan kemenangan yang akan kita raih secara tidak langsung dapat memacu diri kita untuk meraih hasil yang dibayangkan.

Untuk itu, setiap pemain perlu terus berlatih dan mencoba agar membentuk diri mereka menjadi seorang pemain yang tahan banting dan bermental juara.

Menetapkan tujuan sebagai hal penting

Gaetan menyatakan kalau tujuan menjadi pokok penting yang dapat mendorong setiap pemain untuk mencapai tujuan tersebut hingga berhasil.

Dalam hal ini, setiap pemain akan fokus berlatih dan bertanding hingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu, target-target tersebut akan tetap teringat sebagai pemberi motivasi kepada para pemain untuk mencapainya.

Ikuti terus informasi terkini seputar fakta-fakta pemain sepakbola hanya di Vivagoal.com 





Berita Terkait


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'apc' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: