×
5-fakta-pola-makan-umum-pemain-sepakbola
08/02/2018
|
1077 view
5 Fakta Pola Makan Umum Pemain Sepakbola

Vivagoal - Fakta Pemain - Apa yang biasanya Anda makan tidak sama dengan pemain sepakbola. Seorang pemain sepakbola memiliki pola makan yang berbeda untuk kebutuhannya.

Jika biasanya Anda bisa makan 2 piring nasi beserta rendang, ayam goreng, atau makanan enak lainnya, pemain sepakbola justru tidak diperbolehkan makan-makanan ini.

Tidak ada kata "makan seenaknya" dalam kamus makanan atlet sepakbola. Semuanya telah diatur sebaik mungkin sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan seorang pemain.

Jika meleset sedikit saja, hal itu akan berdampak pada kesehatan sang atlet dan juga performa sang pemain di lapangan. Untuk itu, mereka makan sesuai dengan apa yang telah diatur oleh ahli nutrisi.

Lantas, seperti apa pola makan seorang pemain sepakbola? Berikut fakta-fakta yang telah disusun oleh Vivagoal dalam 5 fakta pola makan umum pemain sepakbola.

Mereka makan seperti orang pada umumnya

Para atlet sepakbola makan seperti orang kebanyakan. Mereka juga membutuhkan sarapan, makan siang dan makan malam. Bedanya, semua telah diatur sesuai dengan porsi dan nutrisi yang dibutuhkan setiap pemain.

Selain itu, ada makanan sebelum dan sesudah pertandingan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebugaran sang pemain dengan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan. 

Bukan hanya itu saja, seorang atlet sepakbola juga memiliki pola minum yang cukup ketat. Mereka biasanya diharuskan meminum minuman berenergi dan mengkonsumsi lebih banyak air untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Diatur dalam jangka waktu tertentu

Pola makan seorang pemain bola diatur oleh jangka waktu tertentu. Semua itu bertujuan untuk mengatur pencernaan dan asupan energi yang masuk agar para pemain bisa berpenampilan maksimal dan tetap bugar.

Sebagai contoh, Matt Lovell selaku ahli nutrisi yang pernah bekerja untuk timnas Inggris memberikan pola makan yang ketat beberapa hari sebelum bertanding. 

7 hari sebelum bertanding, seorang pemain di larang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih. Setelah itu, 2 atau 3 hari sebelum bertanding dan setelahnya, para pemain mulai mengkonsumsi makanan yang dianjurkan ahli nutrisi.

Apa yang harus diminum oleh seorang pemain sepakbola?

Dilansir dari Thoughtco, seorang atlet sepakbola diharuskan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum secukupnya. Minum air dalam jumlah yang banyak justru dapat berakibat buruk bagi pencernaan mereka.

Untuk pemain bola, mereka dianjurkan untuk minum sebelum, selama, dan sesudah latihan. Hal yang sama juga diterapkan saat sang pemain berlaga di sebuah pertandingan.

Selain itu, minuman berenergi yang mengandung cairan elektrolit juga diharuskan. Namun, semuanya tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.


Snack untuk pemain sepakbola

Siapa bilang pemain bola tidak butuh snack? Justru, hal ini juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan energi yang dibutuhkan tapi, mereka tidak mengkonsumsi snack sembarangan seperti gorengan, keripik kentang, atau cilok.

Ada beberapa jenis snack yang mungkin bisa Anda coba seperti, buah-buahan segar, selai kacang, coklat, smoothie, dan salad. 

Makanan setiap pemain bola berbeda-beda

Tidak semua pemain memiliki pola atau jenis makanan yang sama. Semuanya telah diatur oleh ahli nutrisi sesuai dengan selera pemain dan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Jadi, Anda tidak bisa menyamakan pola makan Neymar dengan Evan Dimas. Seorang ahli nutrisi biasanya akan memilah-milah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera sang pemain.

Biasanya, hal itu di atur sesuai dengan tingkat metabolisme, kebutuhan nutrisi bagi seorang pemain dan juga faktor lainnya.

Ikuti terus fakta-fakta terkini seputar pemain sepakbola hanya di Vivagoal.com


Berita Terkait


blog_1
blog_1

5 Fakta Tendangan Salto

15/02, 2018
|
868 view
blog_1
blog_1