×
5-fakta-tes-medis-
09/02/2018
|
2274 view
5 Fakta Tes Medis

Vivagoal - 5 Fakta - Kalau Anda pikir tes medis itu hanya formalitas saja, Anda salah besar. Sebuah transfer bisa gagal kalau pemain tidak lolos tes medis.

Sebelum seorang pemain resmi bergabung dengan klub barunya, mereka akan melakoni tes medis guna mengecek kondisi tubuh mereka. Mungkin, banyak orang yang menganggap kalau ini tidak penting.

Tidak penting? Salah besar! Tes medis memiliki peranan penting dalam perpindahan seorang pemain. Jika sang pemain memiliki kondisi tubuh yang tidak cocok maka, proses perpindahan sang pemain bisa gagal.

Freelance fisioterapis yang pernah menjadi fisioterapis MU, David Fevre menganalogikan tes medis sebagai proses pengecekan dalam pembelian mobil bekas.

Dengan begitu, mereka akan tahu apakah pemain yang akan mereka beli memiliki kondisi yang bagus atau tidak. Untuk hari ini, Vivagoal akan menyajikan fakta-fakta mengenai tes medis.

Fakta-fakta tersebut akan menjelaskan mengenai manfaat, proses, serta hal apa saja yang bisa dilihat dari sebuah tes medis.

Manfaat tes medis secara terperinci

Tes medis tidak hanya berfungsi sebagai uji kelayakan saja. Ada beragam manfaat yang bisa dirasakan sebuah klub kala melakukan tes medis terhadap calon pemain yang akan bergabung dengan mereka.

Pertama, tes medis berfungsi untuk melihat kondisi tubuh pemain secara umum seperti, kondisi otot, kebugaran, sendi, dan juga titik-titik lemah yang mungkin ada dalam seorang pemain.

Selain itu, ada tes penglihatan, persentase lemak tubuh, kandungan VO2 max, dan juga faktor lainnya yang ingin diketahui dari seorang pemain.

Perkembangan tes medis

Seiring perkembangan zaman, tes medis berkembang pesat. Ada beberapa elemen baru yang ditambahkan dalam tes seperti kesehatan jantung.

Dulu, setiap klub tidak mengecek kondisi jantung para calon pemain karena, mereka berpikir kalau para pemain masih muda dan tidak mungkin mengalami hal itu.

Tapi, masalah yang dialami Fabric Muamba, Phil O'Donnell, dan Marc Vivien Foe membuat klub-klub mulai menambahkan tes jantung untuk mengecek kondisi jantung setiap pemain.

Bukan itu saja, tes urin juga terkadang dilakukan untuk mengecek masalah kesehatan seperti diabetes yang mungkin di idap oleh pemain.


Mengecek kondisi kesiapan pemain

Tes medis tidak hanya dilakukan untuk mengecek kondisi pemain secara umum. Hal ini juga berfungsi untuk mengecek apakah pemain sudah siap atau belum.

Hal ini berkaitan dengan tenggat waktu transfer yang sangat ketat. Terkadang, ada klub yang membeli pemain di deadline day atau hari terakhir bursa transfer. Apalagi, transfer musim dingin yang hanya memiliki tenggat waktu yang sebentar.

Untuk itu, tes medis dilakukan untuk mengecek apakah sang pemain sudah siap turun atau tidak. Jika dipaksakan, pemain baru itu akan jatuh cedera karena kondisi tubuh mereka masih belum siap.

Jenis-jenis tes dalam tes medis

Bisa di bilang, ada beragam tes medis yang dilakukan kepada calon pemain. Tes-tes tersebut diberlakukan untuk mengecek kondisi pemain dari segi kebugaran, otot, dan juga bagian internal dalam tubuh.

Untuk kebugaran dan hal lainnya, ada beberapa tes yang diberlakukan seperti tes stabilitas muskuloskeletal, tes isokinetis, tes lari ergometrik, tes VO2 max dan tes lainnya. Tes ini dilakukan untuk mengecek kebugaran, otot dan hal lainnya akan sang pemain.

Untuk bagian internal, ada tes kandungan lemak tubuh, pemindaian, fungsi jantung, tes darah, dan juga tes lainnya seperti dilansir dari berbagai sumber.

"Tidak ada kata gagal atau berhasil dalam tes medis"

Dilansir dari sportskeeda, tidak ada kata gagal atau lolos bagi calon pemain yang menjalani tes medis. Pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan banyak faktor bagi klub dan calon pemain.

Biasanya, gagal atau lolosnya seorang pemain didasarkan akan beberapa alasan seperti, resiko cedera, kebutuhan klub, keinginan seorang pelatih, dan juga pertimbangan resiko akan hal lainnya.

Jadi, jika seorang pemain gagal maka, ia bisa saja lolos di klub lainnya. Kasus ini pernah dialami oleh Loic Remy kala gagal di Liverpool tapi, ia lolos tes medis di Chelsea.

Ikuti terus informasi terkini seputar 5 fakta pemain bola hanya di Vivagoal.com


Berita Terkait


blog_1

5 Fakta Tendangan Salto

15/02, 2018
|
868 view
blog_1
blog_1
blog_1