×
blog_1
2018-08-09 14:01:32
|
827 view
Kepa Arrizabalaga dan Pusaran Uang Athletic Bilbao

Vivagoal - Berita La Liga - Transfer kiper Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga ke klub Premier League, Chelsea jelang penutupan bursa transfer musim panas 2018 bukanlah sebuah hal yang mengejutkan. Pasalnya, Chelsea memang lagi darurat kiper berkualitas usai Thibaut Courtois pergi ke Real Madrid. Tapi yang membuat ramai adalah biaya transfer Kepa.


Seperti yang sudah diketahui, Chelsea memilih untuk mengaktifkan klausul rilis Kepa yang mencapai €80 juta dan sekaligus menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia, setelah sebulan lamanya dipegang oleh kiper Liverpool, Alisson Becker, yang didatangkan dari As Roma dengan nilai €65 juta.


€80 juta atau setara Rp1,34 triliun merupakan harga yang cukup mahal buat seorang penjaga gawang. Apalagi, Kepa belum teruji sepenuhnya di kompetisi Premier League, termasuk kiper berusia 23 tahun itu juga minim jam terbang di level internasional, karena hanya baru mengoleksi satu caps di timnas Spanyol.


Baca juga : Dembele tetap di Barcelona


Dan klub asal Kepa, yakni Athletic sudah pasti jadi yang paling diuntungkan. Apalagi, proses transfer Kepa ke Chelsea ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Athletic sendiri.


Kelihaian Athletic dalam memanfaatkan klausul Buy-Out, ditengarai karena strategi transfer yang diterapkan Presiden klub, Josu Urrutia yang telah menjabat sejak 2011.


Tercatat, baru ada empat klub yang mau menebus klausul buy-out Athletic. Yang pertama ada Bayern Munich yang merekrut Javi Martinez pada 2012 silam dengan biaya sebesar €40 juta. Saat itu, Martinez adalah rekrutan termahal sepanjang masa di kompetisi Bundesliga sebelum Corentin Tolisso memecahkannya pada musim lalu.


Pada musim 2015/2016 Athletic kembali mendapat untung besar setelah raksasa Inggris, Manchester United menebus Ander Herrera dengan mahar mencapai €36 juta. Dan hingga sekarang ini, Herrera masih tercatat sebagai pemain termahal keenam sepanjang sejarah Setan Merah.


Terakhir pada Januari lalu, Manchester City meminang Aymeric Laporte dengan banderol €65 juta dan menjadikannya sebagai bek termahal kedua di dunia. Jika di total keseluruhan dengan penjualan Kepa ke Chelsea, Los Leones telah meraup untung sebanyak €221 juta atau setara Rp 4 triliun lebih hanya dari menjual empat pemainnya.


Ikuti terus berita bola terkini seputar Liga Italia hanya di Vivagoal.com



Berita Terkait


blog_1
blog_1
blog_1
blog_1