×
blog_1
2018-08-11 13:17:12
|
822 view
Untuk Pertama Kali Belanja Klub Liga Inggris Mengalami Penurunan

Vivagoal - Berita Liga Inggris - Tercatat musim panas ini menjadi kali pertama dalam delapan tahun terakhir terjadinya penurunan besaran transfer pemain di Liga Primer Inggris. Memang terjadi transfer masif, namun secara total keseluruhan musim ini terjadi penurunan.


Bursa transfer bagi klub-klub peserta Liga Primer Inggris resmi ditutup pada Kamis (9/8) sore waktu Inggris atau jelang dini hari WIB. Dilansir dari BBC dari Deloitte, jumlah total pengeluaran semua klub peserta Liga Inggris musim panas ini adalah sebesar 1,2 miliar pounds atau sekitar Rp 22,2 triliun.


Mungkin bagi sebagian dari kita akan melihat jika total pengeluaran tersebut sangatlah besar. Namun besaran total pengeluaran semua klub Premier League tersebut nyatanya mengalami penurunan dibandingkan musim lalu yang mencapai 1,4 miliar pound. Penurunan jumlah transfer itu sendiri menjadi kali pertama dalam delapan bursa transfer terakhir.


Baca juga : MU raih kemenangan di laga perdana


Tidak hanya itu Deloitte juga mencatat jika pada hari terakhir transfer juga mengalami penurunan. Jika pada tahun lalu total pengeluaran di hari terakhir mencapai 210 juta pounds atau Rp 3,9 triliun, tahun ini hanya menginjak angka 110 juta pounds atau sekitar Rp 2 triliun.


Namun pada tahun ini mayoritas klub menggunakan dananya untuk mendatangkan pemain dari klub luar Inggris. Total keseluruhan, dana sebesar 880 juta pounds atau sekitar Rp 16,3 triliun dihabiskan untuk merekrut para pemain dari liga lain. Jumlah ini merupakan 72% dari total belanja Premier League.


Angka tersebut menjadi catatan baru di mana musim lalu perekrutan pemain dari luar Premier League 'hanya' mencapai 770 juta pounds atau sekitar Rp 14,3 triliun saja. Angka tersebut setara dengan 54% dari total belanja musim panas 2017.


Pada divisi Championship juga terjadi penurunan dimana tahun ini mereka hanya mengeluarkan 155 juta pounds atau 40 juta pounds lebih sedikit dari tahun lalu.


Menurunnya nilai belanja pemain itu sendiri diperkirakan karena jadwal transfer yang diajukan dari sebelumnya berakhir pada 31 Agustus. Selain itu beberapa klub seperti duo Manchester atau bahkan Tottenham Hotspur sangat pasif dalam berburu pemain.


Ikuti terus berita bola terkini seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com



Berita Terkait