Guardiola Angkat Suara Terkait Anggapan City Manipulasi FFP

0
128
Guardiola Angkat Suara Terkait Anggapan Manchester City Manipulasi FFP

VivagoalLiga Inggris – Belakangan terdengar kabar jika Manchester City telah memanipulasi aliran dana yang mereka dapat dari sponsor untuk bisa lolos dari Financial Fair Play (FFP).

Adalah media asal Jerman, Der Spiegel yang menulis sebuah analogi disertai bukti adanya permainan yang dilakukan Manchester City untuk terlepas dari sanksi FFP. Mereka menulis jika City menerima suntikan dana besar dari sang pemilik dengan beberapa jalur bukan murni dari pihak sponsor.

Mereka menulis jika presiden City, Sheikh Mansour telah menaikkan nilai sponsor dimana sejatinya ia menggunakan uang pribadinya sendiri. Atau lebih mudahnya Sheikh Mansour hanya menggunakan sponsor-sponsor yang ada sebagai media baginya untuk memberikan uang kepada Manchester City.

Untuk melakukan langkah tersebut sang presiden klub menggunakan jasa-jasa firma investasi Aabar, otoritas pariwisata Abu Dhabi, maskapai penerbangan Etihad, dan firma telekomunikasi Etisalat.

Baca Juga :  Sevilla Hancurkan Akhisar Belediyespor di Liga Europa

Der Spiegel juga menulis jika mereka memiliki berbagai bukti berupa email-email petinggi klub pada kurun 2010-2015 silam. Sebagai contoh mereka menyebut jika ada rekam pembicaraan Direktur Simon Pearce yang mengatakan bahwa kontribusi Aabar kepada City hanya sebesar 3 juta pounds sementara 12 juta pounds lainnya datang dari sumber alternatif yang disediakan oleh ‘Yang Mulia’.

Tidak berhenti di sana, Der Spiegel juga menulis jika Sheikh Mansour bahkan telah menyuntikkan dana melalui para sponsor-sponsor City sebesar 149,5 juta pounds. Hal tersebut dilakukan tepat saat City meraih gelar Liga Primer Inggris pertama pada 2012 silam.

Mereka juga dengan berani mengatakan jika City sudah melakukan pembicaraan langsung dengan pihak UEFA pada 2014 silam. Hal tersebut dilakukan guna melepaskan City dari ancaman FFP sehingga masih bisa bermain di Liga Champions.

Terkait hal tersebut Pep Guardiola menegaskan jika City adalah klub dengan profesional tinggi dan jauh dari pemberitaan yang ada saat ini.

“Tim besar harus jor-joran. Kenapa? Sebab kami butuh pemain bagus. Semua ide yang kami miliki, tanpa pemain bagus, kami tak bisa melakukannya,” ujar Guardiola dikutip dari Sky Sport.

Baca Juga :  Icardi: Absennya Messi Berkah Untuk Inter Milan

“Ketika saya di Barcelona dan kemudian di Jerman, saya selalu mendengar dari anak-anak ‘Manchester City punya banyak uang, cuma uang’. Kami harus hidup dengan hal itu. Saya ada di dalam klub selama beberapa tahun terakhir ini. Saya akan bilang, tentu saja seperti banyak klub di dunia dengan banyak uang.”

“Tapi saya pastikan City adalah klub luar biasa dengan orang-orang luar biasa di sini. Bagaimana profesionalnya mereka, bukan cuma di departemen kami. Ini adalah klub yang luar biasa profesional dan mereka mencoba melakukan banyak hal dengan cara yang benar.

“Itu adalah isu yang selalu ada di sini karena bertahan di satu level lalu mencapai level lain, Anda butuh banyak waktu, dan tentu saja uang, tapi jelas waktu. Itu normal.”

Selalu update berita bola terkini seputar Liga Inggris hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here