UEFA Pastikan Gunakan VAR di Liga Champions Musim Ini

0
32
Liga Champions Gunakan VAR

VivagoalBerita Bola – Setelah melakukan berbagai pertimbangan, UEFA memutuskan untuk menggunakan VAR lebih cepat yakni pada babak fase grup Liga Champions musim ini.

Pada rapat yang digelar di Dublin, Senin (03/12/2018) Executive Committee Federasi Sepakbola Eropa (Exco UEFA) memutuskan untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Dimana akan dipergunakan dalam gelaran Liga Champions musim ini.

Kabar mengejutkan tersebut diterima setelah UEFA akhirnya melunak dan bersedia menggunakan VAR. Juga UEFA kan mempercepat penggunaan teknologi yang menggunakan rekaman ulang tersebut.

Baca Juga :  Pique Dukung Valverde Coret Dembele dari Skuat Barca

Sebelumnya pihak UEFA mengatakan jika kemungkinan besar penggunaan VAR baru akan diresmikan pada gelaran musim depan untuk menganalisa lebih lanjut terkait fungsi teknologi tersebut.

“Kami siap mengaplikasikan VAR lebih awal dari yang rencana sebelumnya dan kami yakin bahwa ini akan bermanfaat bagi kompetisi kami karena akan memberikan bantuan yang berharga untuk perangkat pertandingan dan akan memungkinkan untuk mengurangi pengambilan keputusan yang salah,” tutur presiden UEFA Aleksander Ceferin dikutip dari situs resmi UEFA.

Penggunaan VAR sendiri baru akan dimulai sejak babak 16 besar Liga Champions yang akan mulai digelar pada 16 Februari mendatang. Selain itu, Exco juga memutuskan bahwa VAR akan digunakan di final Liga Europa 2019 mendatang.

Tak hanya itu,  Final UEFA Nations League 2019 dan Euro U-21 2019 juga akan dihiasi oleh pemakaian teknologi ini.

Baca Juga :  Preview Pertandingan Man United Vs Juventus

Kabar tersebut tentu menjadi solusi terbaik mengingat musim ini sudah beberapa keputusan krusial yang dilakukan oleh para wasit. Sebut saja saat Cristiano Ronaldo harus menerima kartu merah di laga pembuka Liga Champions kontra Valencia.

Padahal Ronaldo hanya menyentuh rambut lawan. Juga yang memalukan tentu saja hadiah penalti untuk Manchester City setelah Sterling terjatuh usai menendang rumput lapangan.

UEFA sendiri sebelumnya pernah menolak penggunaan teknologi satu ini, namun dengan fungsinya yang sudah terbukti di berbagai kompetisi dan juga liga-liga di Eropa sepertinya tidak cukup alasan bagi mereka untuk menolak.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di vivagoal.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here